gothic sejarah

Banyak orang yang sering salah paham tentang gothic-ism. Bahkan seringkali banyak tanggapan yang melenceng tentang penganut gothic-ism. Ada yang bilang bahwa penganut gothic-ism juga terkait dengan penganut satanism, kekerasan, suicidal, seniman hitam, dll.
Okeyh… Sekarang gw coba lurusin dulu apaan tuch gothic-ism, tapi pertama-tama be open minded dulu.
Gothic Open Mind
Dari sejarahnya, kata gothic itu sendiri datang dari nama sebuah suku bernama Visigoth dari Jerman. Kaum Barbar yang bikin kerajaan Romawi kocar-kacir. Trus berkembang lagi jadi gaya arsitektural yang gelap dan gloomy ala Eropa Barat abad ke12 sampai ke abad 16. Gerakan awal dimulai dari sebuah Nightclub pada awal 1980-an di Inggris. Lalu berkembang dengan cara “nebeng” menjadi salah satu komponen punk rock. Komunitas ini pun kemudian menjadi komunitas paling besar di California.

Apaan sich gothic culture?
Definisi tentang gothic culture itu masih sangat luas dan belum bisa didefinisikan, karena belum ada peneliti yang benar-benar niat buat jadiin ini sebagai salah satu ilmu. Intinya sich begini, itu semua terserah masing-masing individu pengen ngartiin gothic bagaimana bentuknya. Yang pasti para gothic-ism mempunyai mentalitas yang termasuk unik,
Gothic_Leave me Alone

“Aku maunya sendiri tapi pengen dilihat orang. Aku paling suka kalo orang-orang kaget melihatku.”



Para Gothic-ers biasanya bisa dikenali lewat :

1. Musik yang unik, seni dan literatur,
2. Penggunaan baju hitam "berlebihan" (dengan make-up pucat, potongan rambut yang ngga biasa, body piercing, alat-alat bondage, dll),
3. Tergila-gila terhadap sejarah abad pertengahan, victorian atau edwardian,
4. Penggunaan simbol salib Kristiani (sebagian lebih suka menggunakannya secara terbalik), jimat Mesir, bintang segi 6 ala Wiccani, bintang segi6 satanisme, dll.
Gothic_Identity

Sebenarnya para gothic-ers, atau selanjutnya saya sebut gothess (pecinta gothic) itu ngga se-gelap yang kita kira, para gothess sebenarnya adalah orang yang anti-kekerasan, damai dan toleran. Para gothess banyak yang menulis kalau mereka mengalami depresi, desperate, keluarga yang disfungsional, masa kecil yang kelam, marah, kecewa, sedih dan benci. Percaya atau tidak, semuanya ini ditulis di dalam 640 web yang ada di dalam gothic web ring, dan isinya rata-rata sama. Kebanyakan gothess memang menyukai main game-game RPG (role-playing game), bukannya karena cupu atau memiliki fantasi yang berlebihan, tetapi dikarenakan adanya tantangan kreatif dan mengasah otak di dalamnya.

Kenapa akhir-akhir ini gothic selalu dikaitkan dengan agama dan kepercayaan?
Hal itu dikarenakan artis yang selalu berdandan gothic yang dikenal dengan nama Marilyn Manson diangkat menjadi pendeta di gereja setan oleh Anton Lavey.
Awalnya sih sepihak, tapi lu pada tau khan gimana akhirnya. Ngga semua gothess pengikut gereja setan. Banyak gothess yang masih memegang kristianitas mereka, atheisme, agnoticism, new age, gnosticism, shamanisme, wicca, tradisi neopagan, dan kepercayaan-kepercayaan minoritas lainnya. Bahkan di Indonesia, kebanyakan gothess menjadikan gothic sebagai jalan ekspresi semata. Artinya, mereka tidak menganggap itu sebagai sebuah keyakinan semisal agama.

Musik-musik goth sendiri, oleh media selalu dikaitkan dengan topik-topik yang memprovokasi, serba satanisme, rasial, perang, kebencian terhadap golongan tertentu, dll. Padahal ga sebegitunya.
Referensi musik bagi yang tertarik dengan goth-music :
* NIN
* a Perfect Circle
* Tweaker
* Professional Murder Circle
* Cradle of Filth
* HIM (His Infernal Majesty)
* Sopor Aeternus
* Within Temptation
* Lacuna Coil
* Bauhaus
* Siouxsie and The Banshees
* the Sisters of Mercy
* Dead Can Dance
* Moi dix Mois
* Malice Mizer
* Blood
* Earl Grey
* Madeth Gray’ll
* Kana
* Amadeus
* Mirage
* Merry Go Around.
read more

Bahasa Gothic



Bahasa Gothik (*gutiska razda) adalah sebuah bahasa Jermanik yang sudah punah dan dipertuturkan oleh bangsa Goth dan terutama kaum Therving. Bahasa ini terutama diketahui dari Codex Argenteus, sebuah salinan naskah dari abad ke-6 dari naskah asli yang berasal dari abad ke-4 dan merupakan sebuah terjemahan Alkitab.
Naskah ini merupakan satu-satunya bahasa Jermanik Timur dengan korpus yang besar. Yang lain-lain, termasuk bahasa Burgundia dan bahasa Vandal hanya diketahui, itupun jika bisa, dari nama-nama pribadi saja yang tercatat pada laporan sejarah. Sebagai sebuah bahasa Jermanik, bahasa Gothik merupakan bagian dari rumpun bahasa Indo-Eropa. Bahasa ini merupakan bahasa Jermanik yang tercatat paling awal, namun tidak memiliki turunan modern. Dokumen tertua dalam bahasa Gothik berasal dari abad ke-4. Bahasa ini menjadi merosot semenjak pertengahan abad ke-6, antara lain karena kekalahan militer kaum Goth oleh kaum Frank, eliminasi kaum Goth di Italia, masuknya kaum Goth secara missal ke agama Katolik Roma (sebelumnya mereka beragama Arianisme), dan keterpencilan geografis. Bahasa ini bisa hidup sampai abad ke-8 di Spanyol dan penulis Frank Walafrid Strabo menulis bahwa bahasa ini masih dipertuturkan di daerah Donau hilir dan beberapa tempat pegunungan terpencil di Semenanjung Krim pada awal abad ke-9 (lihat pula: bahasa Gothik Krim). Keberadaan korpus-korpus yang cukup awal ini membuat bahasa ini sangat penting dalam ilmu perbandingan bahasa. Nama asli bahasa ini tidak diketahui namun rekonstruksi *gutiska razda didasarkan pada Jordanes Gothiskandza, dibaca sebagai gutisk-andja, "akhir (atau batas) Gothik".



Daftar Tahun-Tahun Abad ke-6 Masehi:


read more

Visual Kei dan Sejarahnya


Sejarahnya

Sejarah yang melahirkan adanya visaul kei itu sendiri sebenarnya bermula ketika Jepang mengalami perubahan usai perang dunia II. Saat itu ada suatu komunitas yang terbuang ari masyarakat. Komunitas ini tidak hanya berbicara melalui mulut dan tulisan, tapi juga lewat penampilan. Komunitas yang mayoritas adalah kaum adam itu tampil dengan mengenakan berbagai macam aksesoris dan berdandan maupun berperilaku layaknya perempuan. Lewat apa yang mereka pakai, mereka berbicara tentang segala hal. Mulai dari politik, segala under pressure, hingga masalah-masalah psikologis (disadari ato tidak, jika kita perhatikan banyak band J-rock yang membuat lirik lagu dengan orientasi ke arah sana). Namun dengan seiring perubahan jaman, komunitas ini perlahan-lahan mengalami mati suri. Hal ini dikarenakan banyak orang-orang Jepang yang lebih memilih bunuh diri untuk menyelesaikan masalah daripada tenggelam dalam penderitaannya sendiri.


Istilah Visual Kei baru benar-benar ada ketika X Japan mempopulerkannya secara gila-gilaan pada tahun 80-an. Pada saat yang sama, band asal barat - KISS, sedang digandrungi di Jepang. Pada masa ini lah, Visual Kei bangkit kembali namun orientasinya lebih ke arah perfomance di kancah musik cadas. Bahkan terjadi revolusi besar-besaran dalam industri musik Jepang di mana posisi western pada saat itu tergeser engan hadirnya Glam Rock. Setelah X Japan bubar, Visual Kei ini kemudian diwariskan oleh generasi penerusnya seperti Luna Sea, Dir en Grey, hingga Malice Mizer. Band-band tersebut kemudian dikenal sebagai Visual J-Rock band. Dari segi musiknya sendiri mereka berbasis pada aliran Gothic, Punk, Metal, Ballad, Electronica, hingga Rock. Satu hal yang harus diingat, VIsual kei (dan juga J-rock) adalah istilah yang dibuat oleh fanbase, bukan musisinya itu sendiri. Beberapa dari mereka mungkin bakal membantah jika dikatagorikan sebagai ban visual, walaupun di atas panggung mereka tampil visual. Seperti X Japan sendiri, mereka memiliki konsep sebagai ban J-rock yang mengusung rock balla dan speed metal.
J-rock - demikian orang-orang mengenalnya (istilah ini dibuat oleh orang Amerika. Di Jepang sendiri, mereka tidak memakai istilah J-rock) secara harfiah berarti band Jepang yang membawakan musik rock. Sebagai gambaran , mungkin istilah ini bisa sama artinya seperti American Rock, Brit Pop, dan sebagainya. Ketika orang-orang berbicara tentang J-rock, maka mayoritas akan berbicara tentang L'arc~en~ciel, GLAY, atau sejumlah band major lainnya yang sudah cukup punya nama. Namun sejak Visual Kei ikut dikategorikan ke dalam musik J-rock, mulailah banyak pertanyaan dan konfrontasi yang muncul i kalangan para fans, yang mempertanyakan, "Visual Kei itu sebenarnya apa?". Kenyataannya Visual Kei adalah gaya visual yang igunakan oleh sejumlah J-rocker di Jepang. Dan semua J-rocker yang mengadopsi Visual Kei dalam berpakaian mereka disebut sebagai Visual Band. Visual band itu sendiri karakternya lebih 'dark' dari musik J-rock yang mainstream.


Bicara mengenai style, pada umumnya Visual Kei memadukan gaya-gaya yang Fetish, Gothic, Cyber, hingga Glam. Para J-rocker biasanya tampil dengan make up serba pucat, tatanan rambut yang memadukan unsur wild, kolaborasi warna, dan tampil dengan kostum-kostum yang merefleksikan abad ke-17, yang biasa disebut-sebut sebagai gothic lolita. Walaupun mereka tampak feminin, bisa dipastikan 99% dari mereka adalah pria, kecuali Kana yang merupakan J-rocker wanita. Kana memiliki gothic lolita style (dan selalu membawa boneka panda). Ia juga suka merubah gaya rambutnya untuk dicocokan dengan warna bajunya.


Nampak sudah menjadi tradisi secaraturun menurun, jika Visual Kei yang paling 'liar' dikuasai oleh komunitas-komunitas ban-band indies. Hal ini terbukti jika kita memperhatikan perkembangan band indies yang ada di Jepang dari tahun ke tahun. Sebagai contohnya Luna Sea, L'arc~en~ciel, dan GLAY. Pada masa indies , merka menunjukan identitasnya melalui musik dan penampilan visual.



Kini, Visual Kei bukan lagi dianggap sebagai sekedar style, namun sudah menjadi bagian dari gaya hidup. Penganut Visual Kei ini biasanya menjalani kehidupan sehari-hari dengan berpakaian yang seperti itu, dan mereka suka mengadakan gathering di suatu tempat dan melakukan berbagai aktivitas seperti piknik di taman, berfoto, dan lain sebagainya. Sebagian juga ada yang mulai membuat band indies dan tampilan di sejumlah clube house dengan mengrdarkan hasil karyanya secara underground (bahkan ada yang dibagikan secara cuma-cuma).

Bertahannya Visual Kei hingga saat ini tentu tidak lepas dari karakter orang Jepang yang cuek, namun ekspresif, Bukan hal yang aneh lagi jika melihat seorang peria berdandan seperti wanita. Malah mungkin sebaliknya, mereka akan berkata "Sugoii!". Visual Kei kemudian merambah ke negara sekitarnya, seperti Korea dan Cina. Di Indonesia sendiri, influence Visual Kei sudah ada sejak tahun 2000. Walu masih belum banyak, namun komunitasnya sudah ada. Sebagian besar dari mereka adalah penggrmar J-rock yang sering berkumpul bersama jika ada festival-festival band, atau mengadakan gathering khusus di tempat-tempat umum. Ada pula yang membuat band ber-'style' J-rock dan mengadaptasi Visual Kei dari band-band favoritnya. Maraknya Visual Kei di Indonesia dipelopori oleh sejumlah komunitas yang senag mengadakan gathering sambil cosplay.
read more

zaman Pra-Romanesko


Romanesko


!Artikel utama untuk bagian ini adalah: Arsitektur Romanesko

Kesenian Romanesko, yang lama telah didahului oleh zaman Pra-Romanesko, berkembang di Eropa Barat dari sekitar tahun 1000 Masehi hingga lahirnya gaya Gothik. Bangunan gereja ditandai dengan peningkatan ukuran tinggi dan ukuran keseluruhan bangunan. Atas-atap yang berkubah ditunjang dengan tembok-tembok batu yang tebal, pilar-pilar raksasa dan lengkungan-lengkungan sempurna. Suasana dalamnya yang gelap diterangi dengan lukisan-lukisan dinding mengenai Yesus, Maria dan para orang suci yang seringkali dilukiskan berdasarkan model gaya Byzantium.



Kesenian Gothik

!Artikel utama untuk bagian ini adalah: Arsitektur Gothik

Pintu gerbang barat di Katedral Chartres (sekitar tahun 1145). Patung-patung arsitektur ini adalah diantara karya ukir pertama gaya Gothik dan merupakan sebuah revolusi dalam gaya dan model untuk sebuah generasi para pengukir.

Kesenian Gothik lahir di Perancis di pertengahan abad ke-12. Basilika Saint-Denis yang dibangun oleh Biarawan Kepala Suger adalah bangunan besar pertama yang bergaya Gothik. Ordo-ordo biarawan yang baru, terutama para boarawan Cistercian dan Carthusian adalah para pembangun penting yang mengembangkan gaya-gaya yang berbeda yang kemudian mereka sebarkan di seluruh penjuru Eropa.


Kesenian Renaissans
Virgin of the Rocks, (yang berada di Louvre), Leonardo Da Vinci, 1483-1486

Kesenian Renaissans, yang dipengaruhi secara besar-besaran oleh "kelahiran kembali" (Bahasa PerancisL renaissance) ketertarikan di bidang seni dan budaya antik klasik. Pada mulanya hal ini meneruskan gaya-gaya dari periode sebelumnya tanpa perubahan yang berarti, yaitu hanya menggunakan busana dan latar belakang arsitektur bergaya klasik yang ternyata semuanya sangat cocok untuk tema-tema Perjanjian Baru. Namun hilangnya intensitas kerohanian terlihat jelas di banyak lukisan-lukisan religius dari Era Renaissans Awal - lukisan-lukisan dinding terkenal di dalam Kapel Tornabuoni oleh Domenico Ghirlandaio (1485-90) terlihat lebih tertarik penggambaran detil atas wajah-wajah kehidupan kota yang kaya raya dibandingkan dengan tema-tema utama mereka, Kehidupan Sang Perawan dan Kehidupan Santo Yohanes Pembaptis. Sementara itu lukisan-lukisan dinding di Kapel Magi oleh Benozzo Gozzoli (1459-61) lebih merupakan sebuah perayaan status keluarga Medici dibandingkan dengan tema Kehadiran Sang Magi. Kedua contoh ini (yang masih menggunakan busana kontemporer) berasal dari Florence, pusat era Renaissans Awal, dan tempat dimana penginjil Dominikan karismatik bernama Savonarola melancarkan serangannya pada keduniawian hidup dan seni para penduduk kota tersebut, yang berpuncak pada peristiwa Api Unggun Keangkuhan di tahun 1497. Sebenarnya para penginjil lainnya telah melakukan hal yang sama selama bertahun-tahun, namun dalam skala yang lebih kecil. Banyak seniman era Renaissans Awal, seperti Fra Angelico dan Botticelli adalah orang-orang yang sangat taat agama. Hanya saja beberapa diantaranya, seperti Botticelli, terjebak dalam kelompok yang ditentang oleh Savonarola.



Konsili Trento
Lukisan dinding Pengadilan Terakhir di Kapel Sistina karya Michelangelo (1534-41) selalu mendapatkan serangan terus-menerus di masa kontra-reformasi atas dasar, misalnya, adanya lukisan orang telanjang (yang kemudian ditutupi dengan lukisan lain selama beberapa abad), tidak menampilkan Kristus yang sedang duduk atau yang memiliki jenggot, dan memasukkan lukisan tokoh penyembah berhala Charon.

Lukisan Italia setelah tahun 1520, dengan pengecualian karya-karya seni dari Venice, berkembang ke dalam aliran Mannerisme, sebuah gaya yang sangat sulit, yang berusaha untuk memberikan suatu pengaruh yang mendalam, yang menimbulkan kekhawatiran dari para pejabat gereja karena karya-karya tersebut kurang memiliki daya tarik bagi masyarakat kebanyakan. Tekanan Gereja untuk membatasi gambaran-gambaran religius mempengaruhi karya seni mulai dari tahun 1530-an dan berujung pada munculnya dekrit di bagian terakhir Konsili Trento di tahun 1563, termasuk di dalamnya berbagai kalimat pendek dan agak tidak jelas yang membahas masalah gambar-gambar religius, yang akan memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap perkembangan kesenian Katolik. Konsili-konsili Katolik sebelumnya hampir tidak pernah merasakan kebutuhan untuk menyatakan secara terbuka posisi gereja mengenai hal-hal ini; yang berbeda dengan gereja-gereja Ortodoks Timur yang telah seringkali mengatur jenis-jenis gambar religius tertentu.
[sunting] Kesenian Barok
Altar Vierzehnheiligen (Empat Belas Orang Suci), sebuah gereja tujuan ziarah rohani di Bavaria.

Kesenian Barok, yang berkembang selama berpuluh-puluh tahun setelah Konsili Trento (walaupun apa pengaruh konsili ini terhadap gaya seni ini masihlah diperdebatkan), secara pasti memenuhi sebagian besar persyaratan yang dikeluarkan oleh konsili tersebut, terutama di dalam tahap-tahap awal yang lebih sederhana seperti karya-karya Carracci dan Caravaggio, walau keduanya tetap saja harus berhadapan dengan penentangan kaum rohaniwan atas gaya realismenya dalam penggambaran tokoh-tokoh suci. Tokoh-tokoh ini ditampilkan dengan cara yang langsung dan dramatis dengan sedikit kiasan yang sukar dimengerti. Kelompok tokoh-tokoh yang berpotensi untuk dilukis diperluas secara besar-besaran sejalan para seniman Barok sangat tertarik untuk menemukan episode-episode kitab suci dan peristiwa-peristiwa dramatis kehidupan para orang suci yang baru.

Ketika aliran ini terus hidup di kesederhanaan abad ke-17 dan gaya realisme cenderung untuk berkurang (kecenderungan ini lebih perlahan terjadi di Spanyol dan Perancis), unsur dramanya tetap menonjol dengan hadirnya penggambaran saat-saat yang sangat menegangkan, pergerakan yang dramatis, pewarnaan dan pencahayaan chiaroscuro, serta, bila perlu, juga menampilkan para malaikat (kerubim) yang sedang gelisah dan awan yang menggulung-gulung, semuanya ditujukan untuk membuat para jemaat terpukau dengannya. Arsitektur dan seni pahat juga bertujuan untuk mencapai pengaruh yang sama bagi yang melihatnya; Bernini (1598-1680) merupakan contoh utama dari seniman bergara Barok. Kesenian Barok menyebar ke dunia Eropa Katolik dan ke misi-misi seberang lautan di Benua Asia dan Amerika, dimasyarakatkan oleh kaum Yesuit dan Fransiskan.
[sunting] Abad ke-18
Gianbattista Tiepolo, Madonna dan Sang Bayi dengan Santo Philip Neri, 1739-40

Di abad ke-18, aliran Barok yang sekular berkembang menjadi gaya Rokoko yang lebih ringan namun tetap lebih flamboyan, sebuah gaya yang juga sulit untuk menyesuaikan diri pada tema-tema religius, meski Gianbatista Tiepolo mampu melakukannya. Di paruh terkahir abad ini terdapat semacam reaksi, terutama di bidang arsitektur, yang menentang aliran Barok, dan kembali pada bentuk-bentuk yang lebih klasik dasar dan Palladian.

Pada saat ini laju produksi karya-karya seni produksi terlihat menurun. Setelah banyak terjadi pembangunan dan pembangunan ulang gereja di masa Barok, negara-negara Katolik terlihat jelas kelebihan dengan jumlah gereja dan biara, seperti yang terjadi di Naples, yang jumlahnya bukan main banyaknya. Pihak Gereja saat ini berperan hanya sebagai pelindung karya seni dan bukan lagi sebagai bangsawan dan aristokrat, dan permintaan masyarakat kelas menengah akan karya seni, terutama yang bertemakan sekular, bertambah dengan cepat.
read more

Gereja Saint-Denis Monumen Paris





Monumen Paris
Sejak abad V Masehi, Para aristrokrat Prancis dikuburkan di dalam basilika. Dagobert merupakan penguasa petama yang dimakamkan disitu pada tahun 639. Berabad-abad kemudian basilika Saint-Denis basilica menjadi Makam Raja. Pada abad 13 makam of Saint-Denis diperkuat dengan dibuatnya makam yang berpatung, gayanya yang luar biasa berlanjut terus beberapa abad. Sekarang terdapat 43 raja, tiga puluh ratu serta sepuluh hamba kerajaan Prancis yang ditempatkan dalam basilika ini.


Gereja Saint-Denis

Basilika yang dibangun di lahan makam Saint-Denis, menjadi tempat penjiarah setelah syahid pada abad 3 oleh orang-orang Romawi. Pada abad 7 Masehi suatu komunitas Benedictine mengambil alih tempat ini dan tetap tinggal di basilika sampai masa Revolusi dia khir abad 18. Selama ini gereja Saint-Denis punya hubungan khusus dengan kerajaan, dan menerangi masa itu lantaran sejarah artistik, politik serta spiritual.


Lahirnya Seni Gothic

Kapel pertama didirikan di tempat makam Saint-Denis sekitar tahun 475 Masehi. Pada tahun 775, pada kehadiran Charlemagne, sebuah gereja baru dengan sebuah ruang bawah tanah dibangun. Abbot Suger menggunakan teknik arsitektur mutakhir dan cahaya masuk lewat jendela gelas berwarna yang dibangun di ruang tengah gereja, perhiasan arsitektur Gothic, pada abad 12 Masehi. Pembangunannya kembali selama 50 tahun dibawah pemerintahan Raja Saint-Louis pada abad 13 Masehi, telah membuat basilika ini bangunan yang paling penting dalam arsitektut Gothic.

The Abbey Of Saint-Denis.

LOUIS XVI AND MARIE ANTOINETTE

Louis XVI and Marie Antoinette

Gereja Saint-Denis
Monumen Paris
read more

Black Metal, bukan Pemuja Setan




Tunjukilah kami jalan yang lurus, (yaitu) Jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat kepada mereka; bukan (jalan) mereka yang dimurkai dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat.
[QS. Al-Fatihah [1] : 6-7]

Manusia memohon & berdoa kepada Tuhan untuk kehidupan yang baik, aman dan sejahtera, serta perlindungan dari godaan & hasutan setan. Akan tetapi, ada pula manusia yang malah menjadikan setan sebagai pusat penyembahan karena setan menggoda dengan kenikmatan, kemewahan, & kepuasan hawa nafsu sehingga tidak sedikit manusia yang meminta pertolongan setan untuk mencapai kepuasan nafsu duniawi tersebut.

1. Sejarah Setan
Kedudukan setan sebelumnya sama dengan malaikat yaitu berada di surga. Namun, akibat keingkarannya kepada Allah dan keengganannya untuk sujud kepada Adam, maka Allah melaknatnya. Ketika Allah memerintahkan para malaikat untuk sujud kepada Adam, semua malaikat pun mematuhi perintah-Nya kecuali iblis, karena menganggap kedudukannya lebih tinggi daripada manusia. Iblis diciptakan dari api sedangkan manusia diciptakan dari tanah.
Sebagai hukuman terhadap keingkaran iblis itu, maka ia diusir dari surga hingga hari kiamat. Oleh karena itu, iblis meminta kepada Allah agar diberi umur panjang hingga hari kiamat serta membolehkannya menghasut dan menyesatkan manusia. Dari sanalah iblis mulai menggoda manusia (Adam & Hawa) yang ketika itu tinggal di Surga Firdaus. Oleh Allah Adam dan Hawa diperbolehkan untuk memakan semua buah-buahan yang ada di surga kecuali buah Khuldi. Iblis mulai menghasut Adam dan Hawa untuk memakan buah tersebut hingga akhirnya Adam dan Hawa pun memakannya. Sebagai, hukuman atas pelanggaran terhadap larangan Allah itu, Adam dan Hawa diturunkan ke dunia dan menjadi manusia pertama didunia.
Itulah awalnya iblis menggoda manusia supaya manusia sesat & lalai dari perintah-perintah Allah.

2. Pemuja Setan
Upacara persembahan korban untuk setan biasanya diikuti dengan berbagai acara hiburan dan pesta seks yang melampaui batas. Mereka yang terlibat dalam pesta pemujaan setan, biasanya meminum minuman keras hingga mabuk serta melakukan hubungan seks seenaknya dan beramai-ramai. Pesta itu dipenuhi unsur pemujaan kepada benda gaib dan penggunaan kekuatan sihir serta ilmu hitam.
Pemujaan setan telah dipraktekan di India 7000 tahun yang melalui ilmu pengetahuan kerohanian Tantra. Rahib-rahib Tantra yang dikenal sebagai Tantrika, memohon kepada setan agar menghancurkan musuh-musuh para pelanggan yang mendapatkan pelayanan mereka. Para penganut ajaran Tantra melakukan ritual dikawasan pekuburan dengan menggunakan kekuatan gaib, pesta seks, persembahan korban manusia dan hewan, serta penggunaan arak dan bahan-bahan pembangkit halusinasi lainnya. Pemujaan dan penyembahan setan mencapai puncaknya pada abad ke-17, di Eropa ratusan ribu wanita telah dibakar hidup-hidup ketika mengamalkan sihir dan terlibat pemujaan setan. Di Prancis, seorang permaisuri Raja Louis XIV disingkirkan karena telah mengadakan upacara pemujaan setan dengan sembahyang sambil bertelanjang didalam ruang bawah tanah. Permaisuri itu telah mengorbankan seorang anak sebagai persembahan kepada setan pada setiap puncak acara. Mazhab agama di Bukit Khasi Meghalaya, India, pemujaan setan sudah menjadi satu hal yang biasa. Agama Kristen telah dicampuradukan dengan penyembahan setan yang dikenal sebagai sebutan Thlen.
Pemujaan terhadap setan dipercaya telah berawal sejak ribuan tahun yang lalu yang merupakan evolusi agama. Penyembahan setan dikenal sebagai demonolatry. Di kalangan suku asli Amerika Selatan, pemujaan setan dilakukan dengan leluasa, misalnya masyarakat Indian Amerika mengorbankan anak-anak lelaki berusia 10-15 tahun untuk setan yang bernama okee. Pemujaan Okee dilakukan untuk melindungi harta benda, ternak, dan tanaman mereka dari kehancuran. Menurut mereka, Okee bukan hanya berkuasa menurunkan bencana, melainkan juga dapat membunuh mereka. Jadi, pemujaan setan dan unsur jahat dilakukan untuk mendapatkan perlindungan dan jaminan keselamatan dari kuasa yang ada diluar kendali mereka.
Penduduk pribumi di Haiti yang dikenal sebagai kelompok Hispaniola juga mengadakan persembahan kepada setan. Setan yang mereka sembah itu bernama Jocanna, yang dipercayai memiliki kekuatan hebat dan merupakan setan yang paling jahat. Negara Haiti memang terkenal dengan berbagai aktivitas sihir, magis, dan ilmu hitam. Salah satu ilmu hitam yang paling ditakuti adalah Voodoo. Aktivitas Voodoo mempunyai hubungan erat dengan pemujaan setan dan mayat bernyawa yang biasa dipanggil zombi. Demikian pula dengan penduduk Mexico, hingga hari ini mereka masih dihantui ketakutan terhadap setan Huitzilopochtli. Untuk menghormati dan menentramkan setan tersebut, mereka membasahi tempat pemujaan dengan darah manusia. Dengan berbuat demikian, mereka berharap tidak akan diganggu lagi oleh setan tersebut.
Paham satanisme menganjurkan agar manusia menggulingkan Tuhan dan meletakan setan sebagai penguasa yang maha agung di dunia ini. Hanya setan yang mampu memberikan kekuatan dan keyakinan kepada manusia untuk menjalani kehidupan ini. Orang yang mengikuti cara hidup setan tidak akan kecewa, putus asa, dan mengalami kegagalan. Pemujaan setan akan membantu seseorang untuk mencapai hasratnya akan materi dan kebendaan. Setan juga dapat memberikan kepuasan dan kesenangan seks kepada para pengikutnya. Dengan menyembah setan manusia dianggap terbebas dari beban dosa dan rasa bersalah. Oleh karena itu, mereka tidak perlu takut dan merasa bersalah ketika melakukan perbuatan yang bertentangan dengan ajaran agama dan kehendak Tuhan. Manusia akan bebas sepenuhnya dari penghambaan kepada Tuhan. Adapun hal itu akan berlaku apabila setan menjadi tuan di dunia dan manusia menjadi pelayannya.

3. Gereja Setan
Di San Francisco, berdiri Church of Satan yang didirikan oleh Anton Szandor La Vey pada tahun 1966. Ia juga mengarang Bible Satanic dengan menyelewengkan sebagian kandungan injil.
Sebenarnya, La Vey bukan seorang penganut Kristen yang taat. Ia adalah mantan pelatih binatang sirkus dan pernah menjadi pakar hipnotis serta juru lukis polisi. Tingginya 305 cm dan memiliki wajah yang menawan serta postur tubuh yang bagus. Penampilannya membuat banyak orang tertarik padanya. Ia mengambil kesempatan dari kelebihan fisiknya dengan mendirikan ajaran baru.
Para pengikut dan anggota Church of Satan dikenal dengan sebutan grotto. Pengikut Church of Satan diwajibkan berikrar dan memberikan komitmen penuh untukmeninggalkan kegiatan spiritual yang berkaitan dengan surga dan neraka. Sebaliknya, mereka diajarkan supaya mementingkan kebendaan dan berusaha untuk mewujudkan suatu masyarakat yang bersifat materialistik. Kelompok pemuja setan ini mempunyai lima tahap keanggotaan, tahap pertama ialah anggota baru, kemudian anggota lama, anggota pengamal ilmu hitam, ahli sihir, dan yang terakhir adalah Magus. Tahap terakhir ini hanya dipegang oleh seorang saja, yaitu La Vey. Gereja setan ini mempunyai sembilan badan pemerintahan yang juga diketahui oleh La Vey.
Bible Satanicmenggariskan sembilan kode kesetanan yang harus dipatuhi oleh para pengikutnya.
1. Setan mewakili tuntutan dan kehendak hawa nafsu.
2. Setan mewakili wujud penting sebuah realitas.
3. Setan mewakili kebijaksanaan, tidak ada perkataan keji dan hina, begitu pula dengan pura-pura atau berbohong.
4. Setan mewakili pembalasan yang setimpal terhadap dendam, permusuhan, pembunuhan, ataupun kejahatan.
5. Setan mewakili tanggung jawab dan mempunyai peran untuk menjelaskan peranan serta kedudukan manusia.
6. Setan mewakili kebaikan kepada siapapun yang dianggap wajar.
7. Setan mewakili manusia sama seperti hewan lain.
8. Setan mewakili semua hal yang disebut dosa.
9. Setan menjadi rekan terbaik bagi Gereja Setan karena ia memastikan keuntungan sepanjang tahun.

4. Black Metal
Penampilan pengikut Black Metal memang pelik dan tidak sulit untuk mengenalinya. Selain berpakaian serba hitam dan menonjolkan lambang-lambang tertentu, anggota kelompok Black Metal juga menunjukan citra yang cabul, kotor, dan hippies. Para anggota Black Metal merupakan pemuja setan. Mereka percaya bahwa setan dapat memberikan dan memenuhi segala keinginannya. Bagi mereka, agama terdapat banyak larangan yang perlu dipatuhi, sedangkan dengan memuja setan, mereka dapat melakukan apa saja yang disukainya tanpa halangan apapun. Aksesoris yang mereka pakai melambangkan kelompok mereka. Mereka percaya dengan mengenakan simbol-simbol itu pada dirinya, maka sifat-sifat kesetanan akan menjelma pada setiap tingkah lakunya.
Kelompok Black Metal menggunakan simbol bintang bersudut lima. Simbol ini mewakili setan Bephomet yang juga dipuja oleh kelompok Black Metal. Setiap sudut pada bintang tersebut mewakili unsur-unsur Ruh, air, api, angin, dan tanah. Kelompok Black Metal juga menggunakan kepala kambing bertanduk dua sebagai simbol. Kepala kambing telah digunakan oleh para pemuja setan sejak ribuan tahun yang lalu. Berdasarkan penelitian menyebutkan bahwa praktik memuja kepala kambing telah ada di lembah Euphartes dan Tigris sejak 6000 tahun yang lalu. Puncak dari pemujaan terhadap kepala kambing ialah dengan persembahan korban manusia ataupun binatang.
Simbol lain yang cukup terkenal adalah salib terbalik, yang membawa pengertian bahwa kelompok Black Metal anti terhadap agama kristen. Konon, simbol ini telah dipakai sejak masa perang salib saat tentara kristen melakukan serangan terhadap umat islam yang berlangsung selama lebih kurang 350 tahun dengan kemenangan pada umat islam. Perang salib sebenarnya didalangi oleh bangsa Yahudi. Orang-orang Yahudi telah menyalurkan dana untuk membiayai perang tersebut. Simbol salib terbalik telah digunakan sebagai perantara dan lambang hubungan antara orang Yahudi dan pasukan tentara yang di biayainya. Jadi, kelompok Black Metal mempunyai hubungan dengan peran dan agenda jahat orang Yahudi sebagai usaha mereka untuk menguasai dunia dan umat manusia.
Di kalangan pengikut Black Metal, setan-setan yang dipuja biasanya membawa elemen keganasan, kemusnahan, kejahatan, kezaliman, kegelapan, dan berbagai unsur negatif lainnya. Setan-setan itu mempunyai hubungan dekat dengan mitos yang terdapat dalam ajaran Kristen dan Yahudi. Setan-setan itu ialah Abbadon, Adramelech, Ahrimen, Ammit, Anti-Christ, Asmodeus, Astaroth, Azazel, Baphomet, Behemoth, Eurynome, Lucifier, Mammon, Mastema, Paimon, Sammael, Satanchia, dan Zagan. Tugas setan-setan ini ialah menyesatkan manusia guna melancarkan kekuasaan satanik didunia.
Aliran musik kelompok Black Metal yang dipenuhi dengan acara seks bebas, pemujaan setan, dan kesesatan sebenarnya adalah ciptaan Yahudi. Musik underground dipelopori oleh seorang lelaki Yahudi yang bernama Yurinamus. Dengan sokongan keuangan yang kuat dan media massa yang dikuasai oleh organisasi Yahudi, aliran musik yang ganas, gila, dan sesat itu menjadi cepat populer dikalangan remaja. Ditambah lagi dengan usaha-usaha yang dibuat secara sistematis diatas nama liberalisme, humanisme, dan ideologi-ideologi lain yang akhirnya golongan remaja menjadi penentang agama dan Tuhannya. Musik Black Metal menjanjikan kebebasan untuk mereka agar dapat melepaskan diri dari segala peraturan agama, undang-undang, dan norma yang katanya menyusahkan remaja.
read more

sepenggal cerita Black death Metal


Secara pasti dan relevan sampai saat ini banyak sumber yang menjelaskan maupun mendeskripsikan musik metal dari berbagai macam versi dan sejarah. Dibuka dengan adanya ketidakpuasan para musisi terhadap musik Rock yang mereka anggap semakin lama semakin garing dan kurang menghentak, maka keluarlah istilah Metal (yang secara harafiah bisa diartikan dengan: Baja) sebagai subgenre berbagai macam genre yang akan lahir di kemudian harinya (ex: Death Metal, Black Metal, Power Metal etc), yang mereka anggap jauh lebih keras dan lebih macho daripada musik bergenre Rock (secara harafiah diartikan sebagai: Batu), dan secara denotatif pula maka bisa disimpulkan bahwa adanya Baja lebih keras daripada Batu!

Dipelopori oleh band-band British seperti IRON MAIDEN hingga VENOM (khusus yang satu ini kelak menjadi ikon sejarah terbentuknya genre musik Black Metal dengan kehadiranya yang di klaim sebagai band New Wave Of British Heavy Metal a.k.a NWOBHM), yang nantinya akan menjadi legenda maupun cikal bakal lahirnya band-band baru dan berbahaya dengan membawakan genre musik yang lebih variatif, kemudian pada awal keberadaan mereka disebut sebagai band British Heavy Metal, di era akhir tahun 70-an memasuki ke awal tahun 80-an. Secara Umum, unsur musik Klasik era para komponis besar dunia macam JS.Bach, WA.Mozart, Vivaldi, A.Paganini etc sedikit banyak
mempengaruhi tone-tone dalam musik band-band British ini. Tak lupa juga JUDAS PRIEST, Sang Mbah yang mengompori lahirnya band-band Thrash Metal dunia nantinya, juga ikutan muncul diera awal 80-an ini.

Lahirnya band-band British Heavy Metal ini langsung disambut hangat masyarakat musik dunia dengan mengagungkan mereka layaknya Dewa saja, mulai dari style musik, atribut dan performance dari ujung rambut hinga ujung kaki pun tak pelak di plagiat sebagai style masyarakat musik pada kala itu. IRON MAIDEN yang memainkan musik Heavy Metal dengan sentuhan nada-nada klasik yang sangat manis dan beat yang atraktif menjadi kunci utama yang membuahkan kelahiran band-band Power Metal, Melodic Death Metal maupun Progressive Metal di kemudian harinya kelak, sebut saja macam HELLOWEEN, RHAPSODY, RIOT, IN FLAMES, CHILDREN OF BODOM, EVERGREY, DALI’S DILLEMA, bahkan band Nu Metal macam SUM 41 pun sangat meng-Mbah-kan band gaek dari Inggris tersebut. Kehadiran BLACK SABBATH dan VENOM dianggap sebagai cikal bakal lahirnya sebuah genre musik fenomenal yang kerap kita kenal dengan sebutan Black Metal, dimana pengaruh band-band tersebut menyebabkan lahirnya Band paling berbahaya dari Norwegia yang mengklaim judul album VENOM yang bertitel Black Metal sebagai genre baru yang memadukan musik metal dengan unsur satanisme, maka lahirlah band yang kita kenal dengan nama MAYHEM, yang menjadi factor utama bermunculannya band-band Black Metal berbahaya dari Norwegia dan Swedia macam DIMMU BORGIR, MARDUK, DISSECTION, DARK FUNERAL, NAGLFAR, EMPEROR etc. JUDAS PRIEST yang notabene bermusik dengan lebih fast dan shred, punya andil besar dalam kelahiran band Thrash Metal paling berbahaya di benua America dan Eropa nantinya, yaitu SLAYER. Tak lupa pula lahirnya band XENTRIX di tahun 1985 yang diklaim oleh kebanyakan orang sebagai “METALLICA-nya Inggris.”

Di akhir 80-an, lahir lagi ketidakpuasan terhadap musik metal yang ada, dan band-band British baru bermunculan dengan mengusung genre yang mereka sebut sebagai musik Grindcore, band tersebut adalah TERRORIZER yang kemudian bubar dan pecah menjadi NAPALM DEATH, MORBID ANGEL dan BENEDICTION yang berada dalam satu naungan label rekaman EARACHE, dan pada saat yang sama lahir pula band-band bergenre serupa di tanah Swedia yaitu ENTOMBED dan CARNAGE (band ini nantinya bubar dan membentuk band yang bernama DISMEMBER).

Khusus didaerah Asia, pada pertengahan 80-an lahir pula band Metal Jepang yang nantinya banyak mempengaruhi masyarakat musik disana untuk mengusung genre yang sama, yaitu LOUDNESS, yang kala itu sangat populer dengan tembang-tembang macam Ares Lament, Road racer, 25 Days From Home, Soldiers Of Fortune etc Ex vokalis band ini, Mike Vescera di kemudian hari juga turut meramaikan personil dalam bandnya Yngwie Malmsteen hinga membuahkan beberapa album dengan tembang-tembang keramat yang banyak dikenal para musisi dunia seperti Save Our Love, You Dont Remember I’ll Never Forget, Prisoner Of Your Love, The Seventh Sign, Forever One etc.

Dan hingga saat ini, keberadaan subgenre musik Metal sebagai hal pokok lahirnya band-band besar dunia dengan mengusung genre tersebut juga mengalami perkembangan yang sangat dahsyat dengan berkembang plot genre menjadi genre musik yang variatif seperti Grindcore, Death Metal, Black Metal, Power/Speed Metal, Progressive Metal, Gothic Metal, Doom Metal, Industrial Metal (genre ini lahir bersamaan dengan lahirnya band GODFLESH dari UK di akhir 80-an yang mengusung musik Grindcore dan nantinya menjadi cikal bakal bermunculannya band-band besar Industrial Metal seperti PITCH SHIFTER, SKIN CHAMBER hingga RAMMSTEIN), Dark Metal (genre musik yang dipopulerkan The One Man Showed Varg Vikernes a.k.a Count Gishnack a.k.a BURZUM walaupun sebelum itu band gaek seperti BATHORY sudah jauh lebih dahulu memainkan jenis musik tersebut), hingga Hip Metal dan lain sebagainya, hingga di masa sekarang inipun para anak mama bertabiat
buruk dan ingin mendapatkan pengakuan public sebagai Bad Boy turut meramaikan dunia Permetalan dengan membidani lahirnya band-band yang mengusung musik yang mereka sebut dengan genre Emo dan Metalcore. Sebagian band-band yang cukup tuwir dan dipuja massa-nya di jalannya tersebut, malah juga ikutan latah dan berpindah haluan memainkan musik mereka dalam genre Metalcore, sebut saja macam IN FLAMES (yang makin hari makin Anak Mama saja) yang tak bisa dipungkiri memutar arah musik mereka sejak dirilisnya album Soundtrack Of Your Escape di tahun 2004.
Akhirul kata, mau tak mau musik metal terus mengalami pembaharuan dan pengembangan di setiap era-nya, menyesuaikan dengan zaman dan selera yang kian hari terus berubah dan mengalir begitu saja macam air yang tak pernah henti hingga muaranya, dan dengan mengusung segala totalitas subjektifitas sebagai salah satu massa Musik Metal, lets just say Long Live To our METAL, yeah!!!
read more

my banner

 
Powered By Blogger | Portal Design By egreat goth